29 Oktober 2008

Apa Makna Kepercayaan dalam diri kita?

Kepercayaan itu tidaklah lebih dari pada suatu perasaan pasti tentang makna sesuatu. Umpamanya, kalau anda percaya bahwa anda adalah orang yang pintar, maka itu lebih dari sekedar ide : Anda merasa pasti bahwa anda adalah orang yang pintar. Lalu dari manakah datangnya rasa pasti atau Kepastian itu?

Bayangkanlah ide itu seperti sebuah meja. Tanpa kaki, tidak ada yang menopangnya dengan baik. Untuk menjadi sebuah kepercayaan, suatu ide haruslah mempunyai penopang, dimana kaki-kaki kepercayaan itu bisa tersedia lewat pengalaman yang kita jadikan acuan. Kalau anda percaya bahwa anda itu orang yang pintar, misalnya anda mungkin pernah mendapatkan pengalaman (acuan) pernah berprestasi disekolah, diberitahu bahwa anda itu cerdas dan sebagainya.

Tetapi, kita tidak terbatas hanya pada masa lalu kita saja sebagai sumber Kepastian. Kita bisa menggunakan imajinasi kita untuk menciptakan acuan-acaun dan kepastian tentang hal-hal yang bahkan belum kita usahakan.


1 komentar:

  1. mahatma gandhi adalah seorang india yang bisa memilki kharisma, kenangan, dan jiwa yang besar dimanapun beliau hadir,
    Thomas alva edison berkarya tanpa memikirkan untuk siapa dan untuk apa beliau bekerja,
    air sungai mengalir tanpa henti dan tidak pernah memilih tempat bersinggah,
    kesuksesan besar adalah bisa menerima, bisa diterima, dan bisa berguna bagi siapapun juga,
    berkaryalah dengan kebesaran jiwa..

    BalasHapus

Silahkan Tambahkan Komentar Anda disini